Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

Joomla! 3.5 Telah Tiba

Joomla! 3.5 Telah Tiba

Joomla! Blog Indonesia. Proyek Joomla dan Tim Kepemimpinannya telah mengumumkan rilis Joomla! 3.5 yang merupakan rilis terbaru dari Joomla! CMS dengan kode seri 3.X. Terdapat 34 fitur baru termasuk dukungan terhadap PHP 7 yang diyakini akan meningkatkan kecepatan Joomla 2 kali lebih cepat.

Beberapa fitur baru yang telah dijelaskan di atas adalah:

  • Mengunduh Informasi server : Pengguna dapat mengunduh informasi sistem.
  • Dapat menambah pengguna file CSS pada template Protostar: pada joomla sebelumnya tidak mungkin menggunakan file custom.css pada template Protostar. Saat ini hal tersebut dapat diatasi.
  • Penghitung Artikel: Di halaman admin anda dapat mengetahui pada kategori artikel akan ditunjukkan jumlah artikel pada kategori.
  • Kategori acak pada format blog dan list: Update ini merupakan jawaban pertanyaan banyak pengguna.
  • Tombol Editor ditambahkan ke Toolbar : Anda tidak perlu menggulung layar ke abwah untuk melihat tombol readmore atau tombol insert image.Editor extension buttons that used to be placed below the text area can now be found in the toolbar where they belong.
  • Kemudahan menyisipkan module di dalam artikel
  • Drag and Drop Gambar: Opsi ini dapat anda gunakan jika anda menggunakan editor bawaan Joomla 3.5

Atau kunjungi halamat  GitHub Repository untuk melihat daftar fitur terbaru pada Joomla! 3.5

 

Penulis sendiri telah menguji coba melakukan upgrade Joomla! 3.4.8 ke Joomla 3.5 pada website ini, tidak ada kendala berarti namun proses upgrade harus dilakukan secara manual dengan mengupload sumber asli Joomla! 3.5 melalui CPanel server kemudian lakukan ekstrak sumber asli yang penulis unduh dalam format ZIP

Cara yang penulis lakukan adalah cara alternatif, di mana fasilitas auto update yang ada pada Joomla! 3.4.8 tidak berhasil penulis coba. Ada baiknya bagi anda yang ingin melakukan upgrade Joomla! 3.4.x ke Joomla! 3.5 baca dulu Panduan Update Joomla 3.4.X ke Joomla 3.5 berikut ini: https://docs.joomla.org/J3.x:Upgrading_from_Joomla_3.4.x_to_3.5.

 

 

Download Joomla! 3.5 Paket Update

 

Download Joomla! 3.5 Paket Lengkap

 

 

 Dan yang terpenting adalah lakukan backup terlebih dulu sebelum anda melakukan proses upgrade, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

 

 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru

Artikel Terkait