Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

Panduan Menonaktifkan URL ID Pada Joomla 3.8

5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)

Panduan Menonaktifkan URL ID Pada Joomla 3.8

Jasa Pembuatan Website. Joomla 3.8 telah dirilis pada bulan september 2017 lalu dan Joomla 3.8.1 selang beberapa minggu kemudian juga telah dirilis oleh tim pengembang inti Joomla. Joomla 3.8 merupakan versi terbaru Joomla CMS yang membawa banyak sekali perubahan terutama terkait dengan penonaktifkan ID URL yang dihasilkan dari pembuatan konten. Sedangkan Joomla 3.8.1 merupakan versi perbaikan yang dirilis karena terdapat kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki.

Meski cukup banyak hal-hal baru yang dibawa oleh Joomla 3.8 tapi jika kita lihat dari rilis resmi yang dikeluarkan oleh tim pengembang Joomla, fitur sistem router terbaru inilah yang menjadi pusat perubahan atas kelahiran Joomla 3.8. Dengan sistem routing baru ini akan membuat perubahan yang penting, kini secara bawaan para pengguna joomla dapat menghilangkan ID URL pada setiap konten yang dipublikasikan. Jadi anda sudah tidak memerlukan ekstensi pihak ketiga atau melakukan perubahan kode pada inti utama Joomla CMS.

 

Update Ke Joomla 3.8

Proses update ke Joomla 3.8 relatif memiliki masalah yang sedikit membuat panik, terutama jika website yang anda bangun memiliki data yang cukup besar. Sangat baik sebelum anda melakukan update ke Joomla 3.8 terlebih dulu melakukan backup baik file maupun database, guna berjaga-jaga atas hal yang tidak diinginkan.

Masalah yang timbul sebenarnya bukan dari Joomla, melainkan dari ekstensi-ekstensi pihak ketiga yang kita gunakan. Seperti komponen, module, plugin dan template, sebaiknya anda lakukan update ekstensi dulu, baru kemudian anda lanjutkan dengan mengupdate website Joomla anda ke versi 3.8/3.8.1.

 

Menonaktifkan URL ID Pada Joomla 3.8

Setelah anda berhasil update ke Joomla 3.8 ID URL pada website kita tidak akan langsung hilang, melainkan kita harus melakukan perubahan pengaturan barulah ID URL tersebut bisa hilang dan berganti ke URL yang baru.

Berikut Panduan Menonaktifkan URL ID Pada Joomla 3.8:

1. Login Admin Panel

2. Klik menu Content --> Articles

3. Klik pada menu Options pada bagian kanan atas

Panduan Menonaktifkan ID URL Joomla 3.8 Gambar 1

4. Klik Tab Integration

Panduan Menonaktifkan ID URL Joomla 3.8 Gambar 2

5. Rubah URL Routing dari Stable ke Experimental

6. Pilih Yes pada opsi Remove IDs from URLs

Panduan Menonaktifkan ID URL Joomla 3.8 Gambar 3

 

7. Terakhir tekan tombol Save & Close di bagian kiri atas

8. Jangan lupa untuk membersihkan Cache website maupun browser anda

 

Jika anda telah melakukan perubahan pada pengaturan di atas, maka selanjutnya format URL website anda akan menjadi seperti contoh di bawah ini:

URL Joomla saat ini: /article-categories/72-park-site/photo-gallery/animals

URL Routng baru: /article-categories/26-park-site/28-photo-gallery/72-animals

URL Routing baru tanpa ID: /article-categories/park-site/photo-gallery/animals

Selanjutnya URL website anda tidak akan memiliki nomor ID, dengan menerapkan URL Routing baru ini website anda akan memiliki URL yang lebih rapi dan tentu saja akan memiliki nilai optimasi SEO yang lebih baik dari sisi format URL.

 

CATATAN:

Jika anda membangun website baru menggunakan Joomla 3.8, panduan di atas langsung bisa anda terapkan, namun jika website anda saat ini sudah berjalan dan memiliki banyak konten di dalamnya, anda perlu hati-hati terhadap perubahan URL ke yang baru, karena jika anda terapkan metode di atas, seluruh URL website anda akan mengalami perubahan, dan URL yang sudah diindeks oleh Google akan mengalami kegagalan ketika diakses. Dampaknya adalah, website anda bisa saja mengalami penurunan peringkat di google, atau bahkan hilang dari pencarian.

Lantas bagaimana solusinya?

Jika website anda telah memiliki banyak konten, pilihannya adalah tetap bertahan menggunakan URL Routing yang lama, atau anda dapat melakukan URL Redirect satu persatu secara manual melalui file .htaccess, selanjutnya saya akan memberikan panduan untuk hal ini.

 

 

 

 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru

Artikel Terkait