Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

Perbandingan Joomla 4, Joomla 3, dan Joomla 2.5 - Evolusi Joomla CMS

5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (3 Votes)

Perbandingan Joomla 4 dengan Joomla3, Joomla 2.5

Jasa Pembuatan Website. Joomla 4 alpha 2 telah dirilis. Para pengguna Joomla dapat melihat fungsionalitas sistem inti Joomla 4 yang sangat luar biasa. Joomla berangsur-angsur berkembang dari versi 2, dan sekarang Joomla 4 sedang dalam perjalanan dengan peningkatan kualitas dan fitur. Jadi, mari kita lihat perbandingan fitur antara Joomla 4, Joomla 3.x, dan Joomla 2.5 (keduanya dirilis pada tahun 2012).

 

Tahapan Instalasi

Tahapan instalasi Joomla 2.5 cukup rumit. Instalasi di Joomla 3 disederhanakan dengan proses instalasi tiga langkah. Itu relatif mudah tetapi antarmuka pengguna tidak sampai ke sasaran. Sekarang Joomla 4 akan dapat mengatasi setiap masalah ini. Instalasi Joomla 4 jauh lebih sederhana dan antarmuka benar-benar ramah pengguna dengan pandangan yang baik di mana-mana.

 

Bootstrap

Bootstrap adalah pustaka front-end yang berisi template desain responsif berbasis HTML dan CSS untuk tipografi, form, tombol, navigasi, dan komponen antarmuka lainnya, disertai ekstensi JavaScript. Joomla 2.5 menggunakan twitter bootstrap, Joomla 3 berevolusi dengan versi Bootstrap 2. Tapi sekarang versi Bootstrap 4 telah dirilis (Januari 2018), Joomla 4 telah dikembangkan dengan Bootstrap 4. Dengan kehadiran Bootstrap 4, seluruh proses sekarang lebih cepat dan lebih responsif daripada sebelumnya.

 

Versi PHP

Joomla 2.5 membutuhkan versi PHP minimal 5.2.4+, Joomla 3, versi PHP yang diperlukan adalah 5.3+, dan Joomla 4, versi minimum yang diperlukan adalah PHP 7. Tentunya ini memastikan faktor keamanan dan kinerja yang lebih cepat dengan banyak fitur baru di Joomla 4.

 

Standar Kode

Kode Joomla 4 lebih dioptimalkan dan lebih bersih daripada Joomla 3 dan Joomla 2.5. Joomla 4 dikembangkan lebih banyak ke sistem inti, memberikan stabilitas dua kali lebih baik. Untuk kinerja yang lebih baik, beberapa fungsi ditulis ulang dengan pengkodean standar.

 

Template frontend

Joomla 2.5 memiliki Beez 3 sebagai template frontend. Di Joomla 3 ada dua frontend template. Joomla 4 memiliki satu template frontend bernama CASSIOPEIA yang dikembangkan dengan Bootstrap 4.

 

Admin backend

Struktur sistem backend admin benar-benar merevolusi pada Joomla 4. Di Joomla 2.5 dan Joomla 3, struktur backend admin tidak sepenuhnya memiliki prioritas tertinggi ketika jika dikaitkan dengan keramahan pengguna. Tapi backend admin Joomla 4 telah dirancang ulang, diberi antarmuka ramah pengguna yang luar biasa dan memiliki fitur aksesibilitas.

 

Template backend

Template backend untuk Joomla 2.5 adalah Bluestork dan Hathor, dan Bluestork adalah template bawaannya. Template backend Joomla 3 adalah Hathor dan ISIS sebagai bawannya. Di Joomla 4, Atum diberikan sebagai template backend yang dikembangkan dengan Bootstrap 4 dan SASS. Layout template default telah diubah, sekarang seluruh menu ada di sisi kiri. Ya, itu adalah tampilan yang sama seperti yang Anda lihat di WordPress, tidak ada yang perlu malu untuk mengikuti trend!

 

Less dan SASS

Karena Bootstrap 4 didasarkan pada SASS (Syntactically Awesome Stylesheets), Joomla 4 harus mengintegrasikan SASS. Versi Joomla sebelumnya menggunakan LESS. Dengan pembaruan, Joomla 4 akan dipastikan memiliki kinerja yang lebih baik.

 

Responsivitas

Template responsive pada Joomla 2.5 dan Joomla 3 didasarkan pada Bootstrap dan Bootstrap 3. Namun kinerja responsif tidak sepenuhnya memuaskan. Lain halnya Joomla 4, respon dari backend Joomla 4 dan frontend template didasarkan pada Bootstrap 4. Responsivitas Joomla 4 jauh lebih baik daripada versi Joomla sebelumnya.

 

Pengelola Media

Pengelola media Joomla 4 benar-benar dibangun kembali dan memiliki beberapa fitur baru. Pengelola media di Joomla 2.5 dan Joomla 3 melewatkan sejumlah fungsi yang berguna. Pengelola media Joomla 4 menawarkan beberapa fitur baru termasuk pemuatan gambar drag-and-drop,  membantu memudahkan dalam mengedit gambar (misalnya mengubah nama, memotong, mengubah ukuran, memutar) melalui backend Joomla Anda tanpa perlu menggunakan alat lain.

 

Mootools

Joomla 3.x memiliki pustaka JavaScript Mootools dan jQuery. Tetapi untuk menghindari konflik kode dan untuk kinerja yang lebih baik, Mootools akan sepenuhnya dihapus dari Joomla 4.

 

Tulisan ini merupakan perbandingan antara Joomla 4 dan versi yang lebih lama. Joomla 4 benar-benar akan membawa perubahan yang menjanjikan. Dengan antarmuka yang lebih cerdas, stabilitas yang lebih baik, pendekatan 2x lebih cepat dan keamanan tertinggi, kita dapat mengatakan, masa depan yang lebih aman dan penuh kemajuan dengan Joomla 4.

 

Untuk mencoba Joomla 4, silahkan unduh dari halaman github resmi Joomla pada url berikut ini: https://github.com/joomla/joomla-cms/releases/tag/4.0.0-alpha2

 

 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru

Artikel Terkait