Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

Panduan Instalasi Joomla 3 di Server Hosting CPanel

5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (3 Votes)

joomla3 cpanel

Bagi para pengguna Joomla pemula umumnya akan mengalami kebingungan ketika akan melakukan instalasi website joomla ke server hosting. Malah kadang kebingungan juga berlanjut sampai ke pemilihan server hosting. :)

Dalam panduan kali ini saya tidak akan membahas server hosting mana yang direkomendasikan untuk website Joomla, melainkan saya akan membagi pengalaman saya ketika memindahkan website joomla dari server lokal ke server hosting. Server hosting yang saya bahas kali ini adalah server hosting dengan fasilitas CPanel.

Berikut Panduan instalasi joomla 3 di Server Hosting CPanel

1. Login ke CPanel

jcpanel 1

Halaman login CPanel

 

jcpanel 2

Halaman utama CPanel

 

2. Membuat Database

Jika di server lokal proses pembuatan database anda lakukan bersamaan dengan proses instalasi joomla, di server hosting CPanel adalah sebaliknya. Anda harus membuat database dan user database baru proses instalasi maupun migrasi joomla di server hosting CPanel dapat dimulai.

jcpanel 3

Pada Group Menu Databases, pilih menu "MySQL Databases" maka akan tampil halaman berikut :

jcpanel 4

Format nama database pada server CPanel berbeda dengan server lokal, berikut penjelasannya

  • Misalnya akun hosting server hosting anda adalah "user"
  • Maka nama database anda akan menjadi "user_namadatabase"

Selanjutnya adalah proses pembuatan username MySQL, masih di halaman yang sama dengan pembuatan database, seperti gambar berikut

jcpanel 5

Seperti format database, format user database MYSQL pada server hosting CPanel juga sama

  • Misalnya akun hosting server hosting anda adalah "user"
  • Maka username anda akan menjadi "user_username" misalnya "user_micokelana"

 

Jika langkah di atas sudah anda lakukan, berikutnya adalah menyiapkan sumber instalasi Joomla 3 dan menguploadnnya ke server hosting, berikut panduannya :

1. Download sumber instalasi Joomla 3

Buka http://www.joomla.org/download.html dan pilih sumber instalasi Joomla 3.1.1 (Pada saat tulisan ini ditulis Joomla 3.1.1 merupakan versi stabil yang dirilis resmi oleh pengembang joomla), atau klik pada gambar di bawah ini untuk langsung mendownload.

jcpanel 6

2. Upload sumber instalasi Joomla 3

Upload file Joomla 3 (file Joomla_3.1.1-Stable-Full_Package.zip) ke server hosting anda menggunakan aplikasi FTP Client. Sangat disarankan menggunakan FTP Client, agar file yang diupload lebih terjamin dan kecil mengalami file rusak pada saat proses upload, terutama pada koneksi internet yang terbatas.

Aplikasi FTP Client yang gratis dapat anda gunakan di windows OS adalah FileZilla FTP Client. Silahkan download dan install terlebih dulu kemudian upload file sumber instalasi Joomla 3.

 

CATATAN :

Upload sumber instalasi joomla pada folder "public_html" (biasanya pada server hosting CPanel, folder ini adalah folder utama website anda), kemudian extract file ZIP joomla dan silahkan memulai tahapan instalasi Joomla 3 di server hosting seperti panduan berikut:

jcpanel 7

 Isi setiap informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kritertia website yang anda akan buat

jcpanel 8

yang perlu diperhatikan adalah pada bagian "Username dan Database Name", sesuaikan dengan informasi yang telah anda buat sebelumnya

jcpanel 9

Halaman konfigurasi instalasi Joomla 3 di server hosting CPanel

jcpanel 10

Halaman proses instalasi Joomla 3 di server hosting CPanel sedang berlangsung, tunggu sejenak hingga proses selesai dan menampilkan halaman berikut

jcpanel 11

 

Sampai di sini proses instalasi Joomla 3 di server hosting CPanel telah selesai, selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru

Artikel Terkait