Panduan SEO Joomla Komplit

4.9032258064516 1 1 1 1 1 Rating 4.90 (31 Votes)

Panduan SEO Joomla Komplit

Joomla Blog Indonesia menghadirkan Panduan SEO Joomla. Ketika anda sudah yakin dan tidak mau berpaling dari Joomla! hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah membuat website Joomla! anda mudah diindeks oleh mesin pencari. Mesin pencari yang penulis maksud bisa saja cukup hanya pada mesin pencari google, karena jelas secara statistik hingga saat ini mesin pencari google-lah yang memiliki jumlah pencari terbesar. Akan tetapi bagaimana cara agar website Joomla! anda mudah diindeks oleh mesin pencari?

Joomla! diakui dan diyakini oleh beberapa pengguna yang telah melakukan ujicoba, dengan hasil kurang baik dari sisi SEO jika dibandingkan rivalnya Wordpress, akan tetapi bukan berarti website Joomla! anda tidak bisa diindeks oleh google dan tidak bisa meraih posisi pertama, anda juga tidak perlu khawatir, karena sejak Joomla! 3.3 dirilis banyak sekali perbaikan terutama dari sisi SEO.

Artikel berikut ini penulis rangkum dari beberapa sumber yang membahas optimalisasi SEO pada website Joomla!, semoga artikel ini benar bisa disebut "Panduan SEO Joomla Komplit".

 

 

1. Memilih Penyedia Hosting Yang Spesial

Hosting Terbaik Joomla

Apalah arti sebuat website tanpa dukungan server yang baik, bisa dibilang inti dari sebuah website adalah server itu sendiri. Lantas bagaimana memilih server hosting yang spesial untuk website Joomla! anda. Hal ini cukup sensitif dan sangat subjektif berdasarkan sudut pandang masing-masing orang yang telah mengalami hasilnya. Tidak adil kalau harus menyebutkan nama penyedia hosting mana yang spesial dan mana yang belum spesial. Akan tetapi kuncinya adalah pilih penyedia hosting yang sesuai dengan wilayah target yang akan anda raih. Beberapa senior menyarankan jika wilayah kita di Indonesia pilihlah penyedia hosting yang memiliki server di Indonesia, akan tetapi ada juga para senior yang menyampaikan lebih baik menggunakan penyedia hosting di luar negeri.

 

 

 

2. Merubah nama file htaccess.txt menjadi .htaccess

Joomla htaccess

Jika anda pengguna Joomla!, merubah nama file htaccess.txt menjadi .htaccess adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Dengan melakukan perubahan nama file menjadi .htaccess maka website Joomla! anda akan memiliki fasilitas url yang lebih baik dan lebih disukai oleh mesin pencari.

Untuk merubah file htaccess.txt menjadi .htaccess sangatlah mudah, jika website Joomla! anda sudah berada di server hosting anda bisa merubahnya melalui fasilitas File Manager yang telah disediakan oleh penyedia hosting yang anda gunakan. Jika anda masih memiliki kesulitan, kontak penyedia hosting anda dan mereka pasti akan selalu siap membantu permasalahan tersebut.

 

 

3. Mengaktifkan SEF URL Joomla!

Mengaktifkan SEF URL Joomla

Kelanjutan dari penggantian nama file menjadi .htaccess adalah anda perlu mengaktifkan opsi SEF URL, agar website Joomla! anda memiliki url yang lebih baik. Disarankan juga anda mengaktifkan opsi penggunaan "Mod Rewrite" agar url yang dihasilkan menjadi lebih sempurna jika dibandingkan tanpa menggunakan "Mod Rewrite".

 

 

4. Mengkonfigurasi file robots.txt

robots.txt Joomla

Hal ini yang kadang tidak diperhatikan oleh banyak pengguna !Joomla. File robots.txt berisikan perintah-perintah yang diberikan kepada mesin pencari untuk tidak mengindeks direktori tertentu pada website Joomla! anda. Sebagai contoh direktori "images" secara bawaan menggunakan perintah :

Disallow: /images/

hal tersebut berarti mesin pencari tidak akan mengindeks direktori "images". Padahal kini google juga telah melakukan pengindeksan pada file-file gambar yang dimiliki oleh setiap website, tujuannya adalah agar ketika orang melakukan pencarian, file-file gambar yang ada pada website anda akan membawa hasil pencarian google menuju website anda.

Dengan demikian baris dengan kode perintah Disallow: /images/ lebih baik anda hapus dari file robots.txt agar gambar-gambar yang anda unggah dapat juga terindeks oleh mesin pencari.

 

 

5. Menggunakan Alt Atribut dan Title pada Gambar di Setiap Artikel

Alt dan Title Atribut Joomla 

Selanjutnya adalah opsi Alt dan Title atribut pada setiap gambar yang anda pasang pada setiap konten website Joomla! anda sangatlah penting. Beberapa pengamat menyatakan bahwa gambar dapat membawa lalu-lintas kunjungan yang padat pada suatu website jika berhasil diindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Perlu anda perhatikan pada setiap kali membuat konten/artikel, pastikan anda mengisi pada "Alt dan Title" atribut yang disediakan. Isi dengan deskripsi gambar yang anda inginkan dan pertimbangkan kesesuaian gambar dengan deskripsi yang akan anda buat.

Saya menyarankan menggunakan editor pihak ketiga dibandingkan editor bawaan joomla, JCE adalah editor yang hingga kini saya gunakan dibanyak website yang saya bangun.

 

 

 

6. Arahkan URL Canonical

Canonical URL Joomla

Permasalahan url canonical sering terjadi di website Joomla!, kadang satu url bisa memiliki lebih dari satu alamat yang terindeks di mesin pencari. Untuk mengatasi masalah url canonical di Joomla, beberapa pakar Joomla! menyarankan  anda dapat menambahkan baris kode pada file .htaccess sebagai berikut :

Dari Non-WWW ke WWW

RewriteEngine On 
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www\.
RewriteRule ^(.*)$ http://www.%{HTTP_HOST}/$1 [R=301,L]

 

Dari WWW ke Non-WWW

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} www.websiteanda.com
RewriteRule (.*) http://websiteanda.com/$1 [R=301,L]

Silahkan anda pilih url mana yang ingin anda gunakan, sehingga website anda akan tetap terindeks pada satu jenis url canonical saja yaitu WWW atau Non-WWW.

 

 

 

7. Leverage Browser Caching

Leverage Browser Caching Joomla

Secara garis besar yang dimaksud dengan Leverage Browser Caching adalah memanfaatkan fasilitas cache pada browser untuk meningkatkan kecepatan suatu website, dengan fungsi ini juga akan mengurangi permintaan HTTP yang harusnya diproses oleh server.

Beberapa pakar Joomla! sangat merekomendasikan opsi tersebut agar website Joomla! lebih optimal, cara yang dilakukan adalah dengan menambahkan beberapa baris kode berikut ini pada file .htaccess anda.

ExpiresByType text/html "access plus 1 seconds" 
ExpiresByType image/gif "access plus 1 years"
ExpiresByType image/jpeg "access plus 1 months"
ExpiresByType image/png "access plus 1 months"
ExpiresByType text/css "access plus 1 months"
ExpiresByType text/j-avascript "access plus 1 months"
ExpiresByType application/x-javascript "access plus 1 months"
ExpiresByType image/ico "access plus 1 months"

 

 

8. Membuat Peta Situs / Sitemap XML

Peta Situs XML merupakan cara termudah dan tercepat untuk memberi tahu mesin pencari mengenai halaman website anda. Ketika peta situs sudah siap langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya pada layanan yang disediakan oleh mesin pencari. Dalam hal ini google anda bisa mendaftarkan peta situs XML website anda pada halaman Google Web Master.

Sedangkan untuk membuat Peta Situs XML Joomla! adalah dengan menggunakan ekstensi yang disediakan oleh para pengembang ekstensi, diantaranya :

1. Xmap (gratis) : http://extensions.joomla.org/extension/xmap

2. JSitemap (berbayar) : http://extensions.joomla.org/extensions/extension/structure-a-navigation/site-map/jsitemap

 

 

 

9. Mengaktifkan Kompresi GZip

Kompresi GZip Joomla

Kompresi GZip merupakan aplikasi populer untuk mengkompres suatu halaman website, dengan mengaktifkan kompresi GZip dapat memperkecil waktu respon server.

Untuk mengaktifkan GZip di Joomla dengan cara, akses ke menu Site --> Global Configuration --> Server --> dan klik "Yes" pada opsi "GZip Compression".

Catatan : Server anda harus terpasang mod_gzip terlebih dulu (silahkan hubungi penyedia hosting anda untuk lebih lengkapnya)

 

 

 

10. Microdata

Google Rich Snippet Joomla

Sejak Joomla! 3.3 dirilis, dukungan terhadap microdata sudah menjadi salah satu fitur yang tertanam dan otomatis aktif di Joomla! 3.3 ke atas, namun hingga versi Joomla! 3.3.6 fitur tersebut belum memiliki menu khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Microdata dirancang khusus untuk memberikan informasi kontekstual dan memungkinkan pemahaman yang lebih baik untuk mencari tentang isi website Anda. Dengan menerapkan microdata, website anda akan memiliki struktur HTML yang lebih baik, dan jika penerapannya benar mesin pencari khususnya Google akan memberikan tampilan yang berbeda pada hasil pencariannya. Bisa dibilang ini adalah penghargaan dari Google berupa tanda bintang dan penilaian yang diberikan oleh pengunjung website anda tampil di hasil pencarian.

 

 

 

Kesimpulan

Ada cukup banyak cara untuk mendapatkan hasil pencarian yang baik di mesin pencari, tulisan ini hanya membahas dari sisi teknis website khususnya Joomla! agar lebih mudah diindeks oleh mesin pencari. Selanjutnya yang terpenting adalah bagaimana anda dapat membuat suatu website yang dapat menyajikan informasi khusus yang dapat diminati oleh para pengunjungnya.

 

Referensi :

 

 

Jasa Pembuatan Website Perusahaan  Jasa Pembuatan Website Company Profile 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru